JAKARTA – suksesmedia.id – Dunia kerja yang makin menantang, sedikit banyak telah menjadikan persaingan antar pencari kerja menjadi sangat kompetitif. Hal ini disebabkan oleh tidak seimbangnya jumlah kesempatan kerja dengan para pencari kerja yang terus bertambah. Berdasarkan data yang dilansir dari Badan Pusat Statistik, jumlah pengangguran di Indonesia pada 2032 bahkan telah menyentuh angka 7,8 juta jiwa. Angka ini diperkirakan akan naik terus, jika pemerintah tidak mampu menciptakan peluang dan lapangan kerja baru.

Menariknya, para pengusaha belakangan makin banyak mengeluhkan betapa anak-anak yang baru lulus ternyata belum siap untuk masuk dunia kerja. Faktanya, mereka hanya mampu mengingat informasi dan teori, namun kurang mampu dalam tataran praktek dan eksekusi di dunia kerja. Padahal, saat memasuki dunia kerja apalagi bagi para fresh graduate dan entry level, kemampuan praktis dan ketrampilan untuk siap kerja justru sangatlah penting dan dibutuhkan.

Nah berikut ini adalah lima kompetensi dan skill utama yang dibutuhkan agar Anda siap dan mampu bersaing di dunia kerja:

1. Kemampuan Efektif Berkomunikasi

Ketrampilan komunikasi yang baik merupakan aspek kunci dalam berbagai bidang pekerjaan. Kemampuan untuk menyampaikan ide secara jelas dan persuasif, baik secara lisan maupun tertulis, menjadi nilai tambah di mata perusahaan. Dalam era digital, kemampuan berkomunikasi melalui platform online juga menjadi penting. Tak hanya itu, kemampuan mengartikulasikan gagasan dan ide yang dapat diejawantahkan dalam pekerjaan menjadi sangat penting. Banyak anak muda yang pintar dalam mencari informasi di berbagai sumber, namun gagal saat mengkomunikasikannya. Akibatnya, mereka pun gagal saat interview kerja dan pupus sudah meraih pekerjaan impian.

2. Kemampuan Teknologi dan Literasi Digital

Perkembangan teknologi yang pesat membuat penguasaan teknologi dan literasi digital menjadi suatu keharusan. Pekerja yang menguasai perangkat lunak, aplikasi, dan platform digital akan lebih efisien dalam menjalankan tugasnya. Kemampuan untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi baru juga menjadi nilai tambah yang signifikan. Penguasaan terhadap teknologi merupakan jembatan dan sarana bagi para pekerja dan profesional dalam menyelesaikan tugas maupun tanggung jawabnya di dunia kerja. Oleh sebab itu, kompetensi ini menjadi salah satu prioritas utama yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Apalagi di era turbelensi ekonomi saat ini, yang mengalami dinamika maupun perubahan begitu cepat.

3. Problem Solving

Di dunia kerja, kejadian tak terduga dan masalah akan selalu muncul. Oleh karena itu, kemampuan untuk memecahkan masalah dengan cepat dan efisien sangat dihargai. Perusahaan mencari pekerja yang mampu berpikir kreatif, analitis, dan bisa menghadapi tantangan dengan solusi yang inovatif. Kemampuan memecahkan masalah atau problem solving, menjadikan seseorang memiliki daya saing dalam pekerjaan dan bidang yang ditekuni. Bayangkan misalnya Anda adalah seorang digital marketing, namun jika Anda tidak mampu menyelesaikan masalah terkait dengan complain pelanggan melalui sejumlah platform digital, maka sudah barang tentu hal in akan menghambat pekerjaan Anda.

4. Time Management

Efisiensi dalam pengelolaan waktu atau time management menjadi kunci kesuksesan di dunia kerja. Pekerja yang mampu mengatur waktu dengan baik akan dapat menyelesaikan tugas-tugasnya tepat waktu, meningkatkan produktivitas, dan mengurangi tingkat stres. Ketrampilan manajemen waktu juga mencakup kemampuan untuk mengidentifikasi prioritas dan fokus pada tugas yang paling penting. Tak hanya itu, kemampuan Anda dalam menyusun skala prioritas pekerjaan menjadikan Anda mempuni dalam penguasaan pekerjaan.

5. Leadership dan Kolaborasi

Meskipun tidak semua pekerja berada di posisi kepemimpinan atau leadership, ketrampilan pemimpin tetap penting. Pekerja yang dapat memimpin tim, menginspirasi orang lain, dan bekerja sama secara efektif akan menjadi aset berharga bagi perusahaan. Kemampuan untuk bekerja dalam tim dan berkolaborasi dengan berbagai jenis orang menjadi kunci kesuksesan di lingkungan kerja yang beragam.

Nah itulah lima jenis kompetensi dan skill dalam pekerjaan yang bisa menjadikan Anda makin dibutuhkan di dunia kerja. Dalam menghadapi persaingan sengit di dunia kerja, mengembangkan lima ketrampilan di atas menjadi suatu keharusan. Perusahaan mencari pekerja yang tidak hanya memiliki keahlian teknis, tetapi juga memiliki kemampuan untuk berkomunikasi, beradaptasi dengan teknologi, memecahkan masalah, mengelola waktu, dan bekerja sama secara efektif. Dengan mengasah ketrampilan-ketrampilan ini, seseorang dapat meningkatkan peluangnya untuk sukses dan berkembang dalam karir profesionalnya. Selain itu, perlu diingat bahwa pembelajaran dan pengembangan ketrampilan merupakan investasi jangka panjang untuk memastikan kesuksesan di dunia kerja yang terus berubah. (hasis/sekar)

By Editor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *