Tips Memilih Jurusan Kuliah

Memilih jurusan yang tepat untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi bukanlah perkara yang mudah. Apalagi jika semakin lama tingkat persaiangan untuk mendapatkan kursi di Universitas favorit makin kompetitif. Faktanya sampai saat ini beberapa jurusan favorit masih menjadi pilihan beberapa calon mahasiswa yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. 

Suka atau pun tidak, memilih jurusan yang tepat bisa menjadi salah satu tiket untuk masa depan. Apalagi jika ingin mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan di perusahaan multinasional, BUMN atau bahkan lembaga negara seperti Bank Indonesia, Otoritas Keuangan dan sejumlah kementrian yang menawarkan pendapatan maupun kesejahteraan yang menjanjikan. 

Tips Memilih Juruan Kuliah

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih jurusan untuk para calon mahasiswa yang masih galau atau bingung: 

1. Lakukan Riset 

Bagi Anda calon mahasiswa baru yang hendak memilih jurusan hendaknya melakukan riset terlebih dahulu. Beberapa informasi yang tepat akan membantu Anda untuk menetapkan jurusan yang tepat. Adapun informasi tersebut misalnya akreditasi universitas, jurusan yang menjadi favorit di universitas tersebut, sampai dengan daya tampung dari universitas yang ditawarkan. Terlebih dengan kecanggihan dan dunia internet saat ini, informasi sangat mudah didapatkan, jadi jangan putus asa dan teruslah mencari informasi yang valid. 

2. Kenali Minat dan Bakat 

Sebelum menetapkan jurusan yang relevan, ada baiknya anda mengenali apa yang menjadi minat diri Anda. Minat merupakan hal-hal yang berkaitan dengan tingkat ketertarikan Anda pada suatu bidang ilmu. Misalnya Anda berminat untuk menjadi dokter, namun jika nilai matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Bahasa Inggris Anda rendah jangan memaksakan diri Anda. Karena minat saja tidak cukup untuk mampu menembus jurusan favorit yang Anda Idamkan. Sedangkan Bakat lebih berkaitan dengan potensi dasar yang dimiliki oleh seseorang, sehingga dari minat tersebut Anda dapat mengenali potensi dasar yang menjadi bakat utama sehingga dapat menentukan kesuksesan Anda di masa yang akan datang. Agar lebih maksimal, usahakan untuk berkonsultasi dengan Psikolog dan melakukan test minat dan bakat, sehingga dapat dikenali jurusan yang tepat sesuai dengan bakat Anda. Biasanya di dalam tes minat dan bakat akan didapatkan gambaran umum pada seseorang. Jangan khawatir, soal harganya di beberapa tempat bahkan memberikan layanan yang cukup murah untuk melakukan test psikologi, dan memberikan laporan dan memberikan rekomendasi jurusan kuliah yang tepat.

3. Jangan Terjebak dengan Nilai Raport 

Para orangtua kadang-kadang terjebak dengan nilai raport buah hatinya, padahal nilai raport bukan segala-galanya. Banyak yang menyangka dengan nilai raport yang bagus yakin akan diterima dengan mudah, padahal pada saat mengikuti jalur seleksi undangan nilai selain nilai raport, akreditasi sekolah dan prestasi akademik maupun non akademik seperti berbagai lomba dan kejuaraan menjadi salah satu pertimbangan bagi panitia seleksi penerimaan mahasiswa baru. Jadi nilai raport saja tidak cukup dan perlu didukung oleh prestasi lain serta, peringkat akreditasi sekolah di tingkat daerah dan nasional. 

4. Perhitungkan Kemampuan Finansial atau Keuangan 

Memperhitungkan masalah kemampuan finansial atau keuangan adalah hal sangat penting bagi calon mahasiswa baru yang ingin memlih jurusan kuliah dan universitas yang dituju. Misalnya saja jika memilih jurusan Ilmu Kedokteran Selain durasi untuk Ilmu Kedokteran lebih lama karena melakukan magang kerja di rumah sakit dan pendidikan profesi, kuliah di Ilmu kedokteran membutuhkan biaya tidak sedikit. Plus paktikum, peralatan, berbagai buku impor dan medis yang harus ditanggung. 

5. Jangan Terjebak Ikut Trend 

Salah satu kesalahan dari calon mahasiswa adalah mereka latah mengikuti jurusan yang sedang trend, padahal beberapa tahun ke depan bisa jadi tren berubah. Parahnya ada yang memilih jurusan karena ikut teman-temanya saja. Tentu saja hal ini tidak disarankan karena bisa menyebabkan Anda menyesal di kemudian hari. 

Nah, kelima hal tersebut adalah tips yang bisa diterapkan Ketika ingin memilih jurusan yang tepat. Jadi jika ingin memilih jurusan tepat, usahakan dipikirkan baik-baik agar lebih maksimal pada saat menjalaninya plus hasilnya pun juga akan lebih menjanjikan. Keep fighting. (*)

By Editor

%d bloggers like this: